Tatap Muka Penerima Beasiswa Universitas Diponegoro

Rate this item
(0 votes)

tm undip 2015

Universitas Diponegoro - Semarang, 30-31 Mei 2015. BPJS Ketenagakerjaan, PT. Mandiri Manajemen Investasi, dan Paguyuban Alumni KSE bekerjasama dengan Yayasan Karya Salemba Embat (KSE) telah mengadakan kegiatan “Tatap Muka dan Career Coaching” bagi penerima Beasiswa KSE tahun ajaran 2014 – 2015. Dalam kegiatan ini hadir sebagai narasumber, antara lain Sudibyo Wisnubroto (Kepala Pemasaran Wilayah Semarang) BPJS Ketenagakerjaan, Mauldy R. Makmur (Head of Corporate Secretary) PT. Mandiri Manajemen Investasi, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zenuri DEA (Pembantu Rektor I Universitas Diponegoro) serta teman – teman Paguyuban Alumni KSE.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama Tatap Muka dan Career Coaching, dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Mars KSE yang dengan semangat dinyanyikan oleh 130 peserta yang terdiri diri mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan perwakilan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Kemudian pembukaan pertama oleh Jonatan Martino sebagai Ketua Paguyuban KSE UNDIPselanjutnya sambutan oleh Wawan Setiawan selaku perwakilan dari Paguyuban Alumni KSE dan Arief Wana sebagai perwakilan dari Yayasan KSE sebagai Ketua Eksekutif KSE. Kegiatan berikutnya adalah penyerahan cinderatama dari KSE kepada semua Donatur yang hadir yang juga selaku nara sumber pada kegiatan ini dan dari KSE untuk Universitas Diponegoro.  

Acara utama yang di tunggu yaitu talkshow dengan nara sumber dari dua perusahaan besar dalam dunia investasi di Indonesia, dimana BPJS Ketenagakerjaan danPT. Mandiri Manajemen Investasi, sesuai dengan tema Tatap Muka kali ini, yaitu Peranan Mahasiswa dalam Dunia Investasi dan Jaminan Hari Tua sebagai Bekal Masa Depan Bangsa.Pertama-tama talkshow mengenai sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan, yang dilanjutkan oleh Company Profile, Visi, Misi, dan Kegiatan PT. Mandiri Manajemen Investasi, dalam dialog interaktif ini membicarakan mengenai investasi untuk masa depan baik untuk tenaga kerja maupun individu dan sikap dari investasi ini, didapat kesimpulan bahwa investasi lebih baik dilakukan dari dini sehingga masa depan akan cerah, untuk investasi dalam perusahaan harus dilihat prospek dari perusahaan tersebut, dan setiap orang harus memiliki integritas karena dengan integritas kehidupan akan semakin baik.Tidak lupa sesi tanya jawab yang cukup antusias antara peserta Tatap Muka kepada para nara sumber yang hadir.

 

Acara selanjutnya yaitu Career Coaching yang diikuti oleh 50 mahasiswa yang berada minimal di semester 6, serta hanya dari 3 (tiga) Perguruan Tinggi Negeri, antara lain UNDIP, ITS dan UGM dengan pemateri dari paguyuban Alumni KSE, kegiatan awal dibuka oleh Erick selaku ketua Career Coaching, selanjutnya yaitu overview dunia kerja dan tahapan proses seleksi dunia kerja yang disampaikan oleh Windandru dari HRD PT. Akebono Brake Astra Indonesia, selesai dengan materi ini dilanjutkan dengan simulasi interview. Pada sesi ini peserta cukup antusias untuk bertanya kepada nara sumber mengenai tahapan proses seleksi dunia kerja secara real seperti apa.

 

Hari kedua, dimana semua kegiatan sudah disusun sedemikian rupa oleh teman-teman Paguyuban Alumni KSE. Kegiatan pertama dengan simulasi FGD yang dibawakan oleh paguyuban alumni KSE, para peserta melihat simulasi FDG dengan seksama dan fokus, setelah simulasi FGD dari paguyuban alumni dilanjutkan dengan simulasi FGD dari peserta dan dibagi menjadi 7 kelompok dalam 1 kelompok terdiri dari 6 - 8 orang, dalam simulasi FGD peserta, tentor dari paguyuban alumni memberikan masukan-masukan untuk menunjang simulasi FGD. Pada akhir kegiatan acara Career Coaching ini terdapat evaluasi acara dan rewarding kepada peserta yang memiliki penampilan (Office Look) yang baik.

 

 

Read 974 times

Feed Display