Kolaborasi 5 Paguyuban KSE Jabodetaser Membina Desa Cidokom, Bogor Featured

Rate this item
(0 votes)

 

1

 

Kolaborasi 5 Paguyuban KSE Jabodetaser

Membina Desa Cidokom, Bogor

 

Paguyuban Karya Salemba Empat untuk pertama kalinya mengadakan KSE Bina Desa yang dilaksanakan di Kampung Lebak Ela, Desa Cidokom, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Ciampea, Bogor. Kegiatan KSE Bina Desa ini merupakan kegiatan sosial kolaborasi antara paguyuban KSE Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Indonesia (UI) Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah (UIN), dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA).

 

 

 

Desa Cidokom telah menjadi desa binaan Paguyuban KSE IPB sejak lama, salah satu program binaannya adalah memberdayakan masyarakat desa dengan memproduksi “Opals” yaitu krupuk tipis dan renyah yang terbuat dari singkong dengan berbagai pilihan rasa. Sehingga akhirnya Opals ini dapat menjadi sumber mata pencaharian penduduk desa. Paguyuban KSE IPB melihat sumber daya yang sangat banyak yaitu Singkong di daerah Desa Cidokom, maka mereka coba membuat sebuah inovasi kerupuk Opals yang tipis dan renyah dan siap untuk di konsumsi. Kemudian Paguyuban KSE IPB membantu pemasarannya.

Berawal dari hal itulah paguyuban KSE wilayah Jabodetaser ingin berkontribusi dan menyebarkan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat sekitar. Selain itu, silaturahmi antar paguyuban regional lebih erat terjalin dengan adanya kegiatan kolaborasi yang untuk pertama kali dilakukan oleh kelima paguyuban.

Fokus kegiatan KSE Bina Desa dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu, 7 Mei 2016 dan pada hari Jumat, 20 Mei 2016. Kegiatan yang di selenggarakan pada hari Sabtu 7 Mei 2016 sangat beragam, diantaranya:

  • Pelatihan keterampilan menjahit yang diikuti oleh ibu-ibu kader PKK dan warga sekitar.
  • Lomba mewarnai untuk anak kelas 1-3 SD.
  • Intervensi kesehatan diberikan untuk remaja usia SMP dan SMA dengan materi bahaya & dampak merokok serta kesehatan gizi pra-nikah.
  • Pendidikan pertanian untuk anak kelas 4-6 SD yang mengajarkan bagaimana cara untuk menanam sayur-sayuran yang dapat ditanam di halaman dengan memanfaatkan alat-alat sederhana dan menghias pot masing-masing tanaman
  • Lomba memasak ibu-ibu
  • Fun Futsal putra dimainkan dengan menggunakan sarung

Pada hari Jumat, 20 Mei 2016 dilaksanakan penutupan KSE Bina Desa yang diawali dengan adanya cek kesehatan gratis yang dimulai pada pukul 09.00 di Aula Majelis. Warga kampung Lebak Ela sangat antusias mengikuti cek kesehatan gratis, mulai dari pengukuran berat badan & tinggi badan, pengukuran tensi, serta pengukuran gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu, warga juga bisa melakukan konsultasi kesehatan. Kegiatan ini memfasilitasi warga, terutama bapak-bapak, ibu-ibu, dan lansia, untuk mengetahui status kesehatannya secara gratis tanpa dipungut biaya. 2

 

 

Acara penutupan dihadiri oleh warga kampung Lebak Ela, sekretaris desa, perwakilan Yayasan KSE, dan donatur KSE yaitu BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor serta PT Panin Asset Management. Acara dibuka oleh MC pada pukul 13.00 dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan sambutan dari perwakilan panitia, Sekretaris Desa, dan Bapak Reno Yulian, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor. Simbolisasi program KSE Bina Desa dan pemberian apresiasi diberikan kepada Sekretaris Desa Cidokom dari Bapak Reno Yulian. Setelah itu, BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada warga yang hadir. Penutupan KSE Bina Desa ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga karena terdapat pengumuman pemenang dan pembagian hadiah dari kegiatan yang diadakan pada tanggal 7 Mei 2016, mulai dari lomba mewarnai dan lomba hias pot untuk anak-anak, lomba fun futsal untuk remaja, serta lomba memasak dan keterampilan menjahit bagi ibu-ibu.

3 Maya Dintasari dari Yayasan KSE memberikan cindera mata kepada Desa Cidokom, BPJS Ketenagakerjaan, dan PT Panin Asset Management sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan ini. Acara dilanjutkan dengan pemutaran video dari seluruh rangkaian acara KSE Bina Desa yang diiringi dengan presentasi kegiatan Bina Desa oleh perwakilan panitia. Harapan dari kami adalah semoga dengan kehadiran Paguyuban KSE dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cidokom.

 

·        

Read 489 times