Training for Trainer Alumni Penerima Beasiswa KSE Batch 1 2016 Featured

Rate this item
(0 votes)

 

Training for Trainer Alumni Penerima Beasiswa KSE Batch 1 2016

 

1

 

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mencetak trainer-trainer masa depan dari alumni penerima beasiswa KSE. Training for Trainer (TfT) di ikuti oleh 60 peserta dari alumni penerima beasiswa KSE yang sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Mereka dengan sengaja telah meluangkan waktu untuk mengikuti TfT agar nantinya dapat berbagi ilmu kepada adik-adik mahasiswa penerima beasiswa KSE di seluruh perguruan tinggi mitra KSE di seluruh Indonesia. Kegiatan pelatihan ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 21 s/d 23 Oktober 2016 bertempat di Ole Suites Sentul, Bogor, kegiatan pelatihan dibuka oleh Bapak Satriadi Indarmawan (Ketua Dewan Pengawas KSE) dengan membawakan materi KSE Value & Spirit dengan tema “Waktu Adalah Anugrah”.

Pada sesi berikutnya adalah materi “Emotional Intellegence” yang disampaikan oleh Ibu Ami Tantri

Selanjutnya kelas dibagi manjadi 2 untuk materi“Leadership”, “Communication in Leadership”dan“Managing Motivation for Presentation” yang disampaikan oleh Senior Trainer dari People Develop People dan dari Profesional Trainer KSE. Pembagian kelas menjadi dua ini dimaksudkan agar peserta menjadi lebih fokus untuk mengikuti pelatihan. Sesi terakhir pada hari pertama adalah materi mengenai “Nasionalisme” yang dibawakan oleh Letkol Caj Drs. Goerge Royke Deksino R. M.Handari Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Pada hari kedua setelah melakukan ibadah, olah raga dan makan pagi pelatihan dimulai oleh Ivandeva Irwantoro yang membawakan materi “Amati, Alami dan Asah”. Setelah itu kelas dibagi menjadi 2 lagi untuk materi “How to Make an Attractive Presentation/Modul”, pada sesi materi ini peserta diajarkan mengenai cara memilih media yang tepat dan menyiapkan training tools.

Setelah ishoma dilanjutkan dengan materi “How to Deliver an Outstanding Presentation” yang mencakup latih vocal, body gesture, intonasi, energi, passion, percayadiri, deliver story telling dan cara mengatasi audience yang sulit. Sesi berikutnya adalah materi “Energizing Technique dan Handling Boredom” dimana pada sesi ini peserta diajarkan cara-cara untuk membuat humor dan membuat ice breaking sehingga audience bisa menjadi lebih cair.

Pada sesi terakhir hari kedua adalah peserta melakukan simulasi ujian praktek dimana peserta diwajibkan untuk menyiapkan materi presentasi dan mempresentasikannya. Peserta dibagi manjadi 6 kelompok yang terdiridari 9 – 10 peserta. Masing-masing  kelompok dibagi menjadi 2 group yang terdiri dari 4 -5 peserta dimana satu group membuat dan mempresentasikan materi “Leadership” dan satu group lagi membuat dan mempresentasikan materi “Communication”.

Pada hari ketiga atau hari terakhir adalah melakukan ujian praktek dengan mempresentasikan materi sesuai dengan groupnya masing-masing di kelas peserta “The Ambassador Leadership BPJS Ketenagakerjaan Camp I Batch 3” dan dilakukan evaluasi ujian praktek oleh senior trainer pada masing-masing kelas.

Pelatihan ini ditutup dengan Diskusi Panel mengenai “Pemahaman Materi, Sharing KSE - Peserta TFT & Paguyuban Alumni, Pembagian Penugasan”.

 

Galeri Foto : http://karyasalemba4.org/info-news/galeri-foto-beasiswa/333-galeri-foto-tft-batch1-2016.html


 

 

Read 406 times