Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan dan Lingkungan

Rate this item
(0 votes)

 

  • KSE Berbagi Sehat

Kegiatan berbagi sehat dilaksanakan di beberapa paguyuban, adalah suatu bentuk kegiatan yang menitik beratkan kepada sosialisasi masyarakat sekitaran kampus untuk hidup sehat dan peduli akan lingkungan yang sehat. Berbagai kegiatan kesehatan ini dilakukan oleh Paguyuban, diantaranya: Sosialisasi Kesehatan dan Senam Pagi oleh Paguyuban KSE UNDIP, Penanaman Tanaman Obat Keluarga, Kreasi tempat sampah serta Pot bersih oleh Paguyuban KSE UNDIP dan Pemeriksaan dan Penyuluhan Kesehatan Paguyuban KSE UI.

 

  • Klinik Sehat Bersama Paguyuban KSE

Merupakan kegiatan Paguyuban yang menitik beratkan kepada Pelayanan kesehatan yang tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa saja, akan tetapi juga bekerjasama dengan pihak kesehatan terkait di sekitar kampus. Dengan menyediakan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma, harapannya masyarakat menjadi lebih peduli akan kondisi kesehatannya dan mulai menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Selain itu, beberapa penyuluhan tentang serba serbi kesehatan mulai dari pengenalan penyakit yang sering menyerang ataupun tata kelola lingkungan yang baik sehingga bisa mencegah terjadinya wabah penyakit tidak lupa disampaikan pada kegiatan ini.

 

Masyarakat yang telah datang ke klinik nantinya akan didata dan difollow up tentang kondisi kesehatannya. Selain itu kegiatan ini dianggap berhasil apabila perilaku dari masyarakat sekitar telah berasaskan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Selain itu dengan kegiatan ini akan mengundang respek dari masyarakat sekitar sehingga untuk ke depannya kegiatan pemberdayaan masyarakat menjadi lebih mudah dan lebih diterima. Tujuannya kegiatan ini, diantaranya :

  1. Menambah pengetahuan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat.
  2. Memberikan pengalaman belajar atau menciptakan       suatu kondisi       bagi perorangan,     keluarga,     kelompok     dan masyarakat,     dengan     membuka     jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi.
  3. Untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan (Advokasi), bina suasana (Social Support) dan pemberdayaan masyarakat (Empowerment).
  • Penyuluhan dan Revitalisasi Posyandu (REVIDU)

Merupakan aksi kegiatan sosial kesehatan yang dilakukan oleh paguyuban KSE dengan melakukan sosialisasi mengenai kesehatan bayi dan anak serta PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang), konsultasi gizi , klinik kesehatan umum dan pelatihan kader posyandu terkait pemantauan kesehatan dan gizi.

Kegiatan ini mencakup di berbagai lini , yaitu pengembangan manajemen posyandu, pelatihan kader, promosi cerdas agar masyarakat mau membawa bayi/balitanya ke posyandu untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan juga imunisasi.

 

Dengan kegiatan ini diharapkan pengelolaan posyandu lebih tertata dengan adanya alur kerja yang baik ditambah dengan kader yang terlatih dan suasana posyandu yang nyaman. Hal itu akan membuat keberjalanan posyandu akan lebih hidup dan masyarakat pun akan percaya untuk memeriksakan bayibalitanya ke posyandu. Selain itu posyandu juga akan menjadi pusat kesehatan tingkat dasar di lingkungan kecamatan tembalang sehingga bisa meningkatkan derajat kesehatan.

 

Beberapa paguyuban yang melaksanakan kegiatan ini diantaranya : Paguyuban KSE USU bekerjasama denga PT Lonsum Indonesia Tbk. melakukan penyuluhan kesehatan dan Asi Ekslusif, Paguyuban KSE UNDIP dalam memperingati Hari Gizi Nasional dan Hari Kesehatan Dunia melaksanakann KSE Undip Peduli Gizi dan Kesehatan berupa sosialisasi tentang PUGS dan Pelatihan Kader Posyandu di Posyandu sekitar kampus dan Sekretariat, dan Sosialisasi “Pentingnya pemberian ASI Eksklusif pada bayi berusia 0-5 bulan” oleh Paguyuban KSE UNDIP.

 

  • Donor Darah Paguyuban KSE

Kegiatan donor darah pertama yang diadakan oleh Paguyuban KSE UI yang bertujuan untuk menyumbangkan hal yang paling dasar yang dimiliki oleh manusia, yaitu darah, untuk kepentingan sesama manusia. Kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah oleh Paguyuban KSE UI, Paguyuban KSE USU. Tujuan Kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan semangat berbagi dilingkungan Paguyuban KSE dan Membantu sesama umat manusia.

  • Aksi Peringatan Hari-hari Kesehatan

Meningkatkan derajat kesehatan dan menciptakan pola hidup sehat di masyarakat Kecamatan Tembalang.Mengingat kebanyakan masyarakat masih belum terlalu memperhatikan pentingnya kesehatan maka perlu didakan event-event seperti sosialisasi dan kegiatan-kegiatan yang bertemakan kesehatan sehingga bisa tercapai pola hidup sehat di masyarakat. Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan tepat pada hari peringatan kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia.

  • Sosialisasi Bebas Demam Berdarah

Dalam memperingati hari demam berdarah tanggal 25 Mei, paguyuban KSE UNDIP melaksanakan “KSE bersih sehat” yang merupakan sosialisasi pencegahan demam berdararah berupa penyuluhan, dan pelatihan pola hidup bersih untuk mencegah demam berdarah, pembagian alat pencegah demam berdarah dan kerja bakti pembersihan lingkungan.

  • Joging Peduli Aksi

Kegiatan aksi peduli paguyuban untuk kebugaran kesehatan jasmani penerima beasiswa yang dibarengi dengan aksi peduli terhadap lingkungan sekitar tempat jogging. Kegiatan Jogging dilakukan dengan memungut sampah di sepanjang jalan yang di lalui waktu jogging. Hal ini sebagai kegiatan yang diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat untuk peduli akan lingkungan khususnya membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini dilakukan Oleh Paguyuban KSE UNAND.

  • Jalan Sehat bersama para Lansia

Kegiatan jalan sehat ini dilakukan bersama para ibu dan bapak lansia.Jalan sehat ini dilakukan pada pagi hari dengan rute jalan berputar sekitar kawasan kampus disekitar Paguyuban. Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan tetap paguyuban yang dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan rute yang berbeda-beda.Selain untuk menjaga kesehatan Jasmani, kegiatan ini dilakukan agar para lansia memiliki kegiatan rutin perbulannya sekaligus menjaga tubuh mereka agar tetap kuat dan sehat.Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang positif dari para lansia, karena mereka senang memiliki kegiatan rutin yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh mereka. Kegiatan ini dilakukan Oleh Paguyuban KSE UNDIP.

 

 

Read 1091 times